mau uang gratis?.... tiap usaha klik jari anda?

cari uang gratis..... tanpa terlalu susah?

Selasa, 04 Agustus 2009

Nama bakal calon Bupati-Wakil Bupati Tobasa 2010

Nama bakal calon Bupati-Wakil Bupati Tobasa 2010


Nama bakal calon Bupati-Wakil Bupati Tobasa 2010

Posted: 03 Aug 2009 11:50 AM PDT


MANGATAS SILAEN

MANGATAS SILAEN

Antara lain disebut-sebut nama puteri TB Silalahi, dr. Herty Silalahi; Bupati, Wakil Bupati, dan Sekda yang kini masih menjabat; Ketua DPRD Tobasa; mantan sekda; seorang kepala desa; dll.

Jika benar, maka pemilihan kepala daerah [pilkada] Toba Samosir periode 2010-2015 akan lebih ramai daripada dua pilkada sebelumnya. Inilah sejumlah nama putera-puteri Batak Toba yang disebut-sebut akan mengikuti pemilihan bupati/wakil bupati tahun depan. Beberapa dari nama ini sudah ditulis di koran-koran terbitan Medan.

Liberty Pasaribu - Kasmin Simanjuntak

Liberty Pasaribu adalah Sekretaris Daerah [Sekda] Kabupaten Toba Samosir saat ini. Dia diangkat sebagai sekda oleh Bupati Monang Sitorus tidak lama setelah dilantik menjadi bupati. Liberty adalah wajah baru di Tobasa; sebelumnya dia bertugas di Sulawesi, tepatnya di Kota Palu.

Pasangan Liberty adalah Prof. DR. Kasmin Simanjuntak, seorang pengusaha yang pulang kampung ke Kecamatan Silaen. Dia caleg terpilih DPRD Tobasa dari Partai Pelopor pada pemilu legislatif 2009 lalu. Beberapa tahun terakhir dia juga bertugas sebagai kepala desa di Silaen.

Mindo Tua Siagian - Herty Silalahi

Wakil Bupati Toba Samosir saat ini, Mindo Tua Siagian, dikabarkan akan berpasangan dengan dr. Herty Silalahi, puteri sulung Letjen TNI [purn] TB Silalahi yang kini salah satu penasihat Presiden SBY. Mindo sendiri kepada Blog Berita tahun lalu mengakui dia akan mengikuti pilkada jika memang rakyat menginginkan, tapi saat itu dia tidak menyebutkan siapa kira-kira nama yang akan berpasangan dengannya.

Mindo Siagian adalah juga Ketua Partai Demokrat Kabupaten Tobasa. Herty Silalahi pernah bertugas memimpin puskesmas swasta yang didirikan keluarga TB Silalahi di Soposurung, Balige, ketika TB masih menjabat sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara di masa Orde Baru.

Monang Sitorus - Mangatas Silaen

Mungkin kedua tokoh ini akan menjadi “pasangan terheboh” dalam pilkada Toba Samosir 201o. Monang Sitorus kini masih bertugas sebagai Bupati Tobasa, sedangkan Mangatas Silaen adalah Ketua DPRD Tobasa — menggantikan Tumpal Sitorus yang dipecat dari PDIP sekitar setengah tahun lalu.

Pada pilkada empat tahun silam, Mangatas Silaen sebagai anggota DPRD Tobasa bukanlah pendukung paket Monang Sitorus-Mindo Tua Siagian. Meskipun dia politisi PDI Perjuangan, parpol yang mengusung Monang-Mindo, namun dia justru walk-out [keluar dari ruang sidang] ketika digelar paripurna penyampaian visi-misi para kandidat kepala daerah.

Empat tahun silam itu, saat Monang sedang akan membacakan visi-misinya, tiba-tiba beberapa orang politisi PDIP Sumut, PDIP Tobasa, dan anggota DPRD Tobasa dari PDIP melakukan interupsi. Mereka protes, dan menyatakan tidak setuju atas pencalonan Monang-Mindo. Tapi ketua Dewan saat itu, Tumpal Sitorus, yang juga orang PDIP, dengan tegas menentang mereka.

“Saudara-saudara jangan bikin ribut di paripurna ini! KPU sudah menetapkan nama para calon bupati, dan merekalah yang berhak menyampaikan visi-misi. Silakan saudara keluar kalau tidak bisa tenang!” kata Tumpal.

Dan mereka pun beranjak dari kursi lalu meninggalkan ruang sidang, termasuk Mangatas Silaen yang kini disebut-sebut akan berpasangan dengan Monang Sitorus pada pemilihan KDH tahun 2010. Kalau kabar ini benar, maka Monang-Mangatas layak mendapat “award” sebagai “pasangan paling tidak masuk akal”.

Tonggo Napitupulu - Laurencius Sibarani

Sekarang Tonggo Napitupulu masih aktif bertugas di Tapanuli Tengah, sebelumnya dia Sekda Kabupaten Toba Samosir di zaman Bupati Sahala Tampubolon. Konon dia akan bertarung pada pilkada 2010 dengan pasangan Laurensius Sibarani — pernah Camat Laguboti dan Kepala Dinas Pariwisata Tobasa, sekarang bertugas di Kabupaten Humbang Hasundutan.

Guntur Manurung

Dia adalah Sekjen Parsadaan Pomparan Raja Toga Manurung dohot boruna [Patambor], organisasi perhimpunan marga-marga Manurung. Pekan-pekan lalu foto wajah Guntur Manurung muncul dalam spanduk yang dibentangkan di jalan utama Kota Balige, tapi kini spanduk tersebut telah diturunkan oleh Pemkab Tobasa.

FLP Sitorus

Mantan Kepala Dinas Kesehatan Tobasa yang baru beberapa bulan lalu diganti oleh Bupati Monang Sitorus. FLP Sitorus seorang dokter, bergelar master dari UGM, dan sedang merampungkan gelar S-3 juga dari UGM. Namanya termasuk yang disebut-sebut sebagai calon Bupati Toba Samosir periode 2010-2015.

Budiyanto Tambunan

Mantan Camat Balige, kini masih aktif bertugas di Pemkab Tobasa. Budiyanto Tambunan pernah didorong masyarakat agar maju menjadi bupati lewat sebuah talk show radio tahun lalu. Namun saat itu Budiyanto belum menjawab tegas apakah dia berniat ikut pilkada atau tidak.

Edison Manurung

Kalau Edison Manurung bukanlah nama yang baru dalam perpolitikan Toba Samosir meskipun selama ini dia bertugas sebagai PNS di Pulau Jawa. Dalam dua kali pemilihan Bupati Tobasa, dia selalu ikut, dan selalu kalah. [www.blogberita.net]

Cari dengan Google - Ketik kata kunci dalam kotak

  • Mungkin anda yang memakai email Yahoo tidak bisa melihat foto/gambar ilustrasi dalam artikel-artikel Blog Berita ini. Untuk menampilkan foto, lihat di bagian atas email Yahoo, klik tulisan SHOW IMAGES.
  • Artikel ini boleh dikutip dengan menyebutkan sumbernya www.blogberita.net dan membuat tautan-balik. Untuk BERKOMENTAR soal topik tulisan, KLIK JUDUL ARTIKEL.
  • Kuucapkan terima kasih buat anda yang setia membaca artikel Blog Berita via email. Sampai Juni 2009 pelanggan Blog Berita sudah mencapai 2.500 orang. Beritahukan kepada teman anda untuk berlangganan Blog Berita secara gratis. Salam, Jarar Siahaan -- www.blogberita.net

Nama bakal calon Bupati-Wakil Bupati Tobasa 2010

tafbutton blue16 Nama bakal calon Bupati Wakil Bupati Tobasa 2010

Monsi, bupati jagung modal tenang

Posted: 02 Aug 2009 08:40 PM PDT


MONANG SITORUS

MONANG SITORUS

Bupati Tobasa bikin julukan untuk dirinya sendiri: Bupati Jagung dan Bupati Modal Tenang. Julukan lain oleh suratkabar untuk Monang Sitorus adalah Monsi.

Nama Bupati Toba Samosir biasa ditulis dalam teks pidato dan naskah resmi secara lengkap sebagai St. Drs. Monang Sitorus, SH, MBA. Inisial di awal, St, adalah singkatan untuk “sintua”, pengetua gereja [baca artikel Khotbah yang sangat dahsyat]. Monang sebelum terpilih jadi bupati empat tahun lalu, menurut pengakuannya, adalah seorang sintua. Jauh sebelumnya dia sempat bekerja sebagai pegawai negeri sipil [PNS] di Jakarta, tapi menurutnya dia mengundurkan diri untuk kemudian bekerja sebagai konsultan teknik.

Pada tahun 2008 Monang membuat julukan untuk dirinya sendiri: Bupati Jagung. Kedua kata ini juga ditulis besar-besar sebagai tajuk tabloid Tobamas, sebuah media yang didanai APBD Tobasa dan dikelola oleh Bagian Humas Pemkab Tobasa. Tabloid terbatas yang tipis ini berisi informasi kegiatan-kegiatan seremonial Bupati dan instansi pemerintahan di Kabupaten Toba Samosir.

Sebutan Bupati Jagung berkaitan dengan proyek “jagung Tobamas” yang dimulai 2007. Monang membuat program jagung dengan target petani bisa memperoleh penghasilan tambahan selain bercocok-tanam padi. Proyek jagung ala Monang digemborkan habis-habisan di berbagai suratkabar, termasuk bila Bupati berbicara di Medan atau Jakarta. Dia mengklaim proyek ini telah berhasil.

Faktanya, pada 2008 investor Singapura yang terlibat dalam proyek jagung telah menarik diri. “Investornya sudah lari malam,” kata Parulian Gurning, anggota DPRD Kabupaten Toba Samosir, dalam wawancara dengan Blog Berita. Sebuah LSM juga pernah mengadukan proyek jagung Tobamas ke Polda Sumut karena diduga Kepala Dinas Pertanian Tobasa berbohong mengenai data lahan yang telah ditanami jagung.

Aku sintua Monang, modal tenang

Tidak cukup hanya sebutan Bupati Jagung, Monang kembali menciptakan istilah Bupati Modal Tenang.

“Ibana sintua Kasmin, godang kalapana. Ahu sintua Monang, modal tenang,” katanya.

Kalimat ini diucapkan Bupati Monang Sitorus saat berpidato di depan masyarakat Dusun Hasang, Desa Cinta Damai, Kecamatan Nassau, pada hari Sabtu, 1 Agustus 2009. Dia berkunjung ke desa terpencil itu untuk meresmikan penggunaan gedung SD Negeri Sipange yang disumbangkan oleh Prof. DR. Kasmin Simanjuntak — pengusaha, pernah kepala desa di Kecamatan Silaen, dan kini caleg terpilih DPRD Kabupaten Toba Samosir dari Partai Pelopor.

Monang tidak menjelaskan lebih jauh apa yang diamaksud sebagai bupati “modal tenang”. Sebagai catatan, saat pilkada empat tahun lalu, penyokong dana utama Monang Sitorus adalah konglomerat Raja DL Sitorus, pengusaha asal Tobasa yang belakangan mendirikan Partai Peduli Rakyat Nasional [PPRN].

Dalam pidatonya di Kecamatan Nassau, Bupati mengatakan DL Sitorus sebagai penasihat Bupati Tobasa selalu menekankan agar masalah pendidikan terus diperhatikan. “Dengan pendidikan, yang miskin bisa menjadi kaya. Beliau selalu berpesan kepada saya untuk membangun pendidikan. Nabisuk nampuna hata, naoto tu panggadisan.”

Tahun pertama-kedua menjabat sebagai kepala daerah, Bupati Monang Sitorus juga pernah ditulis sejumlah koran terbitan Medan dengan julukan “Monsi”, singkatan nama Monang Sitorus.

Mungkin “sudah suratan tangan” bahwa pejabat-pejabat publik di Indonesia gemar dengan jargon dan julukan, yang sayangnya tidak sedikit hanya berupa basa-basi dan jargon kosong. [www.blogberita.net]

  • Mungkin anda yang memakai email Yahoo tidak bisa melihat foto/gambar ilustrasi dalam artikel-artikel Blog Berita ini. Untuk menampilkan foto, lihat di bagian atas email Yahoo, klik tulisan SHOW IMAGES.
  • Artikel ini boleh dikutip dengan menyebutkan sumbernya www.blogberita.net dan membuat tautan-balik. Untuk BERKOMENTAR soal topik tulisan, KLIK JUDUL ARTIKEL.
  • Kuucapkan terima kasih buat anda yang setia membaca artikel Blog Berita via email. Sampai Juni 2009 pelanggan Blog Berita sudah mencapai 2.500 orang. Beritahukan kepada teman anda untuk berlangganan Blog Berita secara gratis. Salam, Jarar Siahaan -- www.blogberita.net

Monsi, bupati jagung modal tenang

tafbutton blue16 Monsi, bupati jagung modal tenang

Tidak ada komentar:

Ada kesalahan di dalam gadget ini