mau uang gratis?.... tiap usaha klik jari anda?

cari uang gratis..... tanpa terlalu susah?

Sabtu, 01 Agustus 2009

Panduan lengkap jadi blogger anonim

Panduan lengkap jadi blogger anonim


Panduan lengkap jadi blogger anonim

Posted: 31 Jul 2009 10:27 AM PDT


ngeblog anonim Panduan lengkap jadi blogger anonimTips dan trik ngeblog anonim ini disarikan dari dua sumber yang kredibel, bukan dari “situs jahat”. Panduan menjadi blogger anonim ditulis untuk dipergunakan tidak dalam rangka merugikan pihak lain. Sepintar apapun penjahat, pasti meninggalkan jejak, begitu bunyi “hukum polisi”. Jadi sekali lagi, mengutip slogan Google: Don’t be evil! Kalau bisa berbuat baik, jangan jadi penjahat.

Ada banyak sekali situs dan forum di jejaring maya yang menyediakan informasi bagaimana cara untuk membuat situs secara anonim [tanpa identitas asli]. Blog Berita hanya memilih dua di antaranya, yaitu:

EFF adalah organisasi independen yang banyak dirujuk blogger dunia dan portal berita berbagai negara terutama dalam hal kebebasan berpendapat di Internet. EFF juga menyusun kode etik blogger. Sedangkan Global Voices Advocacy secara khusus memperjuangkan kerahasiaan atau privasi pengguna Internet. Baik EFF maupun Global sama-sama berupaya agar “tidak ada sensor” di jaringan Internet. Keduanya dikelola oleh blogger dan para aktivis; mereka juga sering mendapat donasi atau bantuan dana dari perusahaan-perusahaan besar, karena usaha mereka dinilai patut didukung.

Berikut “Panduan lengkap menjadi blogger anonim” yang disarikan dari kedua organisasi tersebut, dengan penjelasan tambahan berupa opini/ulasan pribadi dari Blog Berita. Bisa jadi beberapa item dari panduan ngeblog anonim ini telah diterapkan oleh si pembuat blog Noordin M Top.

eff electronic frontier banner logo Panduan lengkap jadi blogger anonim

10 Tips dan trik ngeblog anonim

1. Jangan buat situs dengan hosting berbayar, tapi pakailah blog gratisan. Karena kalau membeli hosting berarti akan ada transaksi uang yang kaulakukan dengan perusahaan penyedia hosting, dan ini artinya kau meninggalkan jejak.

2. Pakai blog gratis yang total 100 persen anonim. Membuat situs blog gratis di Blogspot.com, WordPress.com, Multiply.com, dan sejenisnya, tidak berarti privasimu 100 persen terjaga. Jika misalnya pemerintah Amerika Serikat, dengan alasan keamanan negara, meminta pihak Blogspot memberikan data dan akses ke admin blog anonim, maka rekam-jejakmu akan diketahui untuk ditelusuri lebih jauh.

EFF merekomendasikan satu situs penyedia blog gratis yang benar-benar 100 persen anonim, bahkan pihak pengelola situs tidak bisa mengakses admin blogmu. Alamatnya di Invisiblog.com — tapi kucek tadi layanan ini tidak bisa dikunjungi.

3. Daftarkan blog dengan email baru dan palsu. Buat satu email khusus yang baru dengan username aneh, jangan memakai kata atau istilah bermakna. Contoh: lebih baik membuat email z8r7×9d6@yahoo.com ketimbang laskarlangit@yahoo.com. Pakai password yang kuat, setidaknya 10 karakter dengan memadukan huruf, angka, dan simbol [lihat Cara membuat password yang kuat dengan Firefox].

Baru-baru ini Blog Berita menulis 10 layanan email unik gratis yang bisa sekali pakai — dapat disetel dalam tempo 30 menit atau sekian jam alamat email tersebut akan otomatis terhapus.

4. Ngeblog dari komputer umum yang jauh dari lokasi tinggalmu. Misalnya dari warung Internet. Jangan memakai komputer pribadimu. Bila kau tinggal di Jakarta, maka akan lebih baik bila ngeblognya dari warnet di Semarang misalnya.

blogger anonim Panduan lengkap jadi blogger anonim5. Sembunyikan alamat komputer/IP address. Yaitu dengan memakai layanan proxy gratis, seperti dari situs Anonymizer.com dll. Juga bisa dengan memasang Tor ke komputer. Teknik ini akan mengganti IP address komputermu. Pakai layanan ini setiap mengakses akun email dan admin blogmu.

6. Jangan pakai Internet Explorer, tapi Firefox. Global Voices Advocacy mengatakan, IE yang dibundel dengan Windows memiliki banyak celah keamanan. Aplikasi peramban yang direkomendasikan adalah Firefox — baca ulasan dan unduh Firefox versi terbaru.

7. Hindari Google dan mesin pencari. Tips dari EFF, setel blogmu agar tidak diindeks mesin pencari. Blog yang memakai software WordPress dan Blogger [Blogspot.com] memiliki fitur ini.

8. Tulis draf artikel secara offline. Jangan tulis artikelmu saat tersambung ke Internet. Siapkan lebih dulu tulisan, barulah bawa ke warnet.

9. Atur waktu penerbitan beberapa jam atau hari ke depan. Sehingga ketika tombol Publish/Terbitkan ditekan, artikel tersebut belum muncul di blogmu; menunggu sampai pada waktu yang disetel tadi.

10. Hapus data dari peramban Firefox. Bisa disetel dari Tools - Options pada aplikasi Firefox, untuk menghapus jejak seperti browser history, cookies, dan password. Firefox versi terbaru 3.5 memiliki fitur private browsing, ini cara yang lebih simpel.

EFF & Global Voices Advocacy: Jika tidak perlu, jangan anonim

CATATAN PENTING: Electronic Frontier Foundation dan Global Voices Advocacy tidak memberikan garansi atas tips yang tertera di atas. Global juga menulis, “Kalau kau tidak benar-benar butuh untuk ngeblog anonim, jangan lakukan.”

Blog Berita juga tidak menjamin bahwa dengan melakukan langkah-langkah tersebut berarti upayamu membuat website atau weblog secara anonim tidak akan terungkap. Segala risiko ditanggung sendiri. Komputer dan Internet selalu memiliki celah; hacker dan pakar jaringan Internet juga memiliki keterampilan untuk menelisiknya.

Secara pribadi aku tetap menyarankan sebisa mungkin hindari ngeblog anonim, meskipun hal itu tidak melanggar hukum, kecuali untuk kasus dan alasan tertentu — baca selengkapnya dalam artikel Polisi ngeblog anonim ketahuan.

Cari dengan Google - Ketik kata kunci dalam kotak

  • Mungkin anda yang memakai email Yahoo tidak bisa melihat foto/gambar ilustrasi dalam artikel-artikel Blog Berita ini. Untuk menampilkan foto, lihat di bagian atas email Yahoo, klik tulisan SHOW IMAGES.
  • Artikel ini boleh dikutip dengan menyebutkan sumbernya www.blogberita.net dan membuat tautan-balik. Untuk BERKOMENTAR soal topik tulisan, KLIK JUDUL ARTIKEL.
  • Kuucapkan terima kasih buat anda yang setia membaca artikel Blog Berita via email. Sampai Juni 2009 pelanggan Blog Berita sudah mencapai 2.500 orang. Beritahukan kepada teman anda untuk berlangganan Blog Berita secara gratis. Salam, Jarar Siahaan -- www.blogberita.net

Panduan lengkap jadi blogger anonim

tafbutton blue16 Panduan lengkap jadi blogger anonim

Pemred media jihad & pengamat intelijen yakin blog Noordin M Top asli

Posted: 30 Jul 2009 10:39 PM PDT


blog bushro noordin top asli 150x150 Pemred media jihad & pengamat intelijen yakin blog Noordin M Top asliSementara beberapa kalangan menduga blog Bushro adalah perbuatan orang iseng, pendapat berbeda datang dari seorang pengamat intelijen Indonesia dan pemimpin redaksi media yang selama ini memberitakan jihad dalam dunia Islam. Mereka yakin situs itu asli milik teroris Noordin M Top.

Kamis kemarin stasiun TV One melakukan wawancara khusus dengan Pemred Arrahmah.com, Muhammad Fachry, dan ahli forensik digital Rudi Alamsyah, membahas blog Noordin M Top. Menurut Fachry, situs blog bernama Bushro itu adalah benar milik Noordin, karena, “Gaya bahasa yang terdapat dalam rilis tersebut seperti gaya bahasa yang dikeluarkan Al-Qaeda dalam setiap statemennya.” Sementara Rudi tidak yakin blog Bushro milik teroris Noordin.

Senada dengan Muhammad Fachry, pengamat intelijen Dynno Chressbon juga yakin keberadaan blog Noordin. Penerbitan weblog tersebut dia nilai sengaja dibuat sebagai laporan kepada penyandang dana bahwa tugas meledakkan bom telah tuntas dikerjakan. Kata Dynno kepada InilahCom: “Itu laporan kepada ‘user’, bahwa tugasnya sudah selesai.”

Sebelumnya berbagai pihak termasuk pengamat telematika Roy Suryo berpendapat, blog Bushro yang mengatasnamakan teroris Noordin M Top adalah palsu. Antara lain karena terdapat kesalahan pengetikan dalam artikelnya, seperti nama hotel JW Marriott yang ditulis JW Marriot [dengan satu T].

Mantan Kepala Badan Intelijen Negara, Hendropriyono, juga sependapat dengan Roy Suryo. Alasan Hendro, gaya bahasa dalam blog itu tidak sama dengan gaya bahasa Noordin [Kompas].

Menurut Blog Berita, masih sulit menilai pendapat kubu mana yang lebih tepat: apakah blog Bushro asli atau palsu. Memang bisa diterima akal apa yang disampaikan Muhammad Fachry, pemimpin media penyuara jihad Islam; karena gaya artikel itu sama dengan gaya yang dipakai teroris Al-Qaeda dalam surat-surat rilisnya selama ini.

Soal kesalahan pengetikan nama hotel, tampaknya bukanlah sebuah dasar yang kuat untuk menyebut situs itu palsu. Kesalahan menulis adalah hal yang biasa. Jangankan teroris, wartawan koran bonafid yang sudah puluhan tahun berkutat dengan profesi menulis pun bisa salah mengeja.

Tetapi di sisi lain, muncul keraguan bahwa blog Bushro bukanlah pekerjaan Noordin M Top. Salah satu alasan seperti kukutipkan dari komentar pembaca kemarin, yaitu karena weblog tersebut dibuat di Blogspot yang notabene milik Google di negara Amerika Serikat — negara yang paling dibenci oleh Noordin M Top.

Bisa dilacak, tapi sulit

Aku sependapat dengan blogger Enda Nasution yang mengatakan kepada TV One bahwa melacak siapa pembuat blog Bushro adalah hal yang bisa dilakukan dengan meminta data dari Google, pemilik Blogspot. Namun belum tentu bisa dengan mudah diketahui pemiliknya, karena bisa saja alamat email dipalsukan saat mendaftarkan situs itu ke Blogspot.

Pun demikian soal pelacakan alamat komputer atau IP address, bisa diakali dengan memakai proxy server untuk ngeblog secara anonim.

Tentang tanggal penerbitan artikel atau waktu, Blog Berita pernah membaca sebuah weblog yang membahas trik-trik ngeblog anonim. Disebutkan di situ, salah satu triknya adalah jangan menerbitkan artikel “saat ini juga”.

Maksudnya, fitur waktu posting diatur maju beberapa hari atau minggu ke depan. Maka saat si blogger anonim keluar dari warnet yang diapakai, misalnya, artikel tadi belumlah terbit di Internet, orang-orang belum bisa melihatnya. Barulah pada tanggal yang diset tadi artikel itu tampil online. Jadi percuma saja menginterogasi pemilik warnet atau komputer, “Hei, siapa yang memakai Internet ini pada tanggal sekian jam sekian….”

Kalau gegabah, bisa-bisa anak SMP yang tidak bersalah — yang kebetulan pada hari dan jam penerbitan artikel itu sedang memakai Internet/komputer tersebut — yang malah ditangkap. :D

Mabes Polri minta hacker membantu, bela negara.

UPDATE: Mabes Polri meminta para hacker Indonesia untuk membantu pemerintah memberantas terorisme, salah satunya dengan mengungkap siapa di balik weblog Bushro. “Tim kejahatan cyber memburu orang di belakang ini dengan harapan kami bica melacak mereka,” kata Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Polisi Nanan Soekarna.

“Banyak ‘hacker’ cerdas di Indonesia. Mari buktikan bahwa Anda dapat membela rakyat dan negara Anda, serta menyediakan informasi untuk menangkap mereka,” katanya [AFP via BBC].

Untuk membaca isi lengkap blog Bushro, klik di sini.

  • Mungkin anda yang memakai email Yahoo tidak bisa melihat foto/gambar ilustrasi dalam artikel-artikel Blog Berita ini. Untuk menampilkan foto, lihat di bagian atas email Yahoo, klik tulisan SHOW IMAGES.
  • Artikel ini boleh dikutip dengan menyebutkan sumbernya www.blogberita.net dan membuat tautan-balik. Untuk BERKOMENTAR soal topik tulisan, KLIK JUDUL ARTIKEL.
  • Kuucapkan terima kasih buat anda yang setia membaca artikel Blog Berita via email. Sampai Juni 2009 pelanggan Blog Berita sudah mencapai 2.500 orang. Beritahukan kepada teman anda untuk berlangganan Blog Berita secara gratis. Salam, Jarar Siahaan -- www.blogberita.net

Pemred media jihad & pengamat intelijen yakin blog Noordin M Top asli

tafbutton blue16 Pemred media jihad & pengamat intelijen yakin blog Noordin M Top asli

Tidak ada komentar:

Ada kesalahan di dalam gadget ini