mau uang gratis?.... tiap usaha klik jari anda?

cari uang gratis..... tanpa terlalu susah?

Kamis, 20 Agustus 2009

Tindakan waras orang-orang gila

Tindakan waras orang-orang gila


Tindakan waras orang-orang gila

Posted: 19 Aug 2009 08:46 AM PDT


Bagi orang gila, sebenarnya, justru kitalah yang tidak waras. Tapi kita merasa diri paling waras sehingga mengira mereka gila. Padahal kita dan mereka sesungguhnya sama-sama gila.

Aku sering memerhatikan orang-orang gila. Apa kalimat atau istilah yang sering mereka ucapkan, dan bagaimana tindakan mereka sehari-hari.

ORANG WARAS YANG GILA Foto: hadeseh.com

ORANG WARAS YANG "GILA" Foto: hadeseh.com

Orang-orang gila yang waras

Mamaaa…! Aku tidak tahu, Mamaaaa! Tidak lapar aku, Mama! Aku pun tidak tahu, Mama…, tidak lapar aku, Mamaaa…!

Kalimat tersebut kudengar barusan, sekitar pukul 9 malam, diucapkan berulang-ulang oleh seorang gila yang tidur-tiduran di kaki-lima depan rumah orangtuaku.

Si Boru

Di Kota Balige ada seorang perempuan gila yang saban hari berjalan kaki keliling kota sambil membawa karung entah berisi apa. Orang-orang waras, terutama warga yang nongkrong di kedai kopi di tepi jalan raya, sering mengganggunya dengan memanggil-manggil, “Boru! Boru!”

Si Boru akan berhenti, marah, lalu membalas dengan suara melengking: “Ise do borum?” Artinya, siapa puterimu? Boru adalah bahasa Batak Toba untuk puteri.

Dua lelaki gila joget bersama

Suatu hari aku melihat dua orang gila, lelaki, usia paruh baya, berjoget di depan sebuah toko pakaian di Balige. Toko itu sedang memutar kaset lagu-lagu Batak yang diselingi lawak Batak. Jadi warga yang melihatnya tidak bisa menahan tawa, karena kedua orang gila itu ibarat penari-latar bagi musik yang tengah mengalun.

Awas kalau tak kaukasih duit, tabrakan nanti kalian

Yang satu ini sering dipanggil dengan nama Jai***, seorang perempuan. Sebenarnya menurutku dia bukan gila, tapi sudah terlanjur dia dicap sebagai gila. Mungkin dialah orang gila paling senior di Balige, dengan karir dua puluhan tahun sebagai “tukang palak”. Setiap malam dia berdandan dengan pakaian norak tapi bersih, bersolek dengan bedak dan lipstik tebal, tidak ketinggalan parfum yang menyengat hidung.

Jam kerjanya mulai pukul 8 malam hingga tengah malam. Ngeposnya di depan restoran tempat singgah bis antar-kota dan antar-propinsi di Kota Balige. Tugasnya, itu tadi, memalak alias meminta uang dengan cara memaksa dari penumpang bis atau supir mobil pribadi yang lagi parkir di tepi jalan.

Kalau tidak diberi duit, dia akan mengancam dan menakut-nakuti. “Matte ma ho, annon dabu ma hamu di tengkolan Sipintupintu. Bereng ma,” katanya. “Awas, matilah kalian nanti, masuk jurang di tikungan Sipintupintu.”

Biasanya orang yang dipalak dengan sumpah-serapah begitu akan mengalah lalu mengeluarkan uang dari dompet. Dikasih selembar pecahan seribu, dia akan meminta tambah lagi.

“Lumayanlah, aku kerja cuma sampai pukul 2 malam, bisa dapat Rp30 ribu,” katanya padaku suatu ketika.

Pernah aku sedang berada dalam mobil, sekitar empat tahun lalu, dan parkir untuk turun. Dia dengan cekatan menyeberangi jalan untuk menghampiri. Begitu kaca mobil kubuka, dia langsung mundur.

“Agoi amang, tak jadilah, wartawan-nya kau, nanti kautulis aku di koran.”

Asli, saat mendengar itu, aku tertawa meledak. Tapi di lain waktu dia akan meminta uang padaku dengan baik-baik, dan kuberikan. “Mauliate da, Tulangku do ho,” katanya. “Terima kasih, ya, pamanku-nya kau.”

Teman kecilku

Namanya Garoga. Dia temanku sewaktu SD. Sekitar 20 tahun lalu dia mengalami kecelakaan, kakinya patah, kepalanya terbentur. Sekarang dia sering duduk di emperan toko. Dia tidak mau mengganggu orang, dia hanya terdiam. Meminta-minta uang pun sangat jarang, kecuali dari satu-dua orang yang dikenalnya dengan baik. Bila ketemu dengannya di depan toko kue langgananku, anakku Gibran tidak lupa mengingatkanku: “Ayah, itu Garoga, di bawah tiang listrik, belum kau kasih uangnya.”

Tidak mau gratisan

Tahun lalu persis di depan rumahku, dua orang gila, laki-laki, berpapasan. Keduanya berjalan dari arah berlawanan. Aku lagi duduk di teras rumah.

Yang satu sering membawa korek api, biasanya berpuluh kotak, untuk dijual pada pemilik warung. Yang satu lagi sedang ingin merokok, tapi tidak punya korek. Mereka bercakap-cakap, entah dengan bahasa planet apa, aku sulit mengerti. Tapi kayaknya sedang negosiasi untuk barter.

Si gila yang punya rokok memberikan sebatang rokoknya pada rekannya. Yang punya korek menyulut api. Saat mau meneruskan perjalanan ke arah berlawanan, yang satu hendak memberikan dua bungkus korek api pada temannya sebagai pengganti rokok tadi, tapi tidak diterima. “Tidak usah,” kira-kira begitu. Didesak terus untuk diminta, tapi tidak juga mau.

Akhirnya si kolektor korek api menghampiri rekannya yang sudah beberapa langkah berlalu. Dia mengembalikan rokok yang sudah terlanjur diisapnya. Dia tidak mau untung di sini, rugi di sana.

Artikel ini ditulis dalam rubrik Asli Jarar.

Cari dengan Google - Ketik kata kunci dalam kotak

  • Mungkin anda yang memakai email Yahoo tidak bisa melihat foto/gambar ilustrasi dalam artikel-artikel Blog Berita ini. Untuk menampilkan foto, lihat di bagian atas email Yahoo, klik tulisan SHOW IMAGES.
  • Artikel ini boleh dikutip dengan menyebutkan sumbernya www.blogberita.net dan membuat tautan-balik. Untuk BERKOMENTAR soal topik tulisan, KLIK JUDUL ARTIKEL.
  • Kuucapkan terima kasih buat anda yang setia membaca artikel Blog Berita via email. Sampai Juni 2009 pelanggan Blog Berita sudah mencapai 2.500 orang. Beritahukan kepada teman anda untuk berlangganan Blog Berita secara gratis. Salam, Jarar Siahaan -- www.blogberita.net

Tindakan waras orang-orang gila

tafbutton blue16 Tindakan waras orang orang gila

Yoke Paramita juara kontes bikini

Posted: 19 Aug 2009 06:32 AM PDT


Yoke Paramita Djati Walujo, gadis Bali, berhasil terpilih sebagai juara kontes bikini di Cina, Miss Tourism Queen International 2009. Yoke Paramitha mengalahkan 120 kontestan dari negara lain. Kontes bikini tersebut telah digelar sejak tahun 1949, demikian diberitakan kantor berita Xinhua.

Foto: Xinhua

Foto: Xinhua

Lihat foto putri Balige — bukan Bali, ya — jadi jawara Wajah Femina, plus wawancara Blog Berita dengan dia. Namanya Duma Riris Silalahi. Tapi Duma bukan memenangi kontes “bupati” [buka paha tinggi-tinggi] dan “sekwilda” [sekitar wilayah dada]. Berbeda dengan Yoke Paramita Djati Walujo.

  • Mungkin anda yang memakai email Yahoo tidak bisa melihat foto/gambar ilustrasi dalam artikel-artikel Blog Berita ini. Untuk menampilkan foto, lihat di bagian atas email Yahoo, klik tulisan SHOW IMAGES.
  • Artikel ini boleh dikutip dengan menyebutkan sumbernya www.blogberita.net dan membuat tautan-balik. Untuk BERKOMENTAR soal topik tulisan, KLIK JUDUL ARTIKEL.
  • Kuucapkan terima kasih buat anda yang setia membaca artikel Blog Berita via email. Sampai Juni 2009 pelanggan Blog Berita sudah mencapai 2.500 orang. Beritahukan kepada teman anda untuk berlangganan Blog Berita secara gratis. Salam, Jarar Siahaan -- www.blogberita.net

Yoke Paramita juara kontes bikini

tafbutton blue16 Yoke Paramita juara kontes bikini

Alat-alat canggih pendeteksi bom dan teroris

Posted: 19 Aug 2009 04:40 AM PDT


Ini beberapa alat canggih yang biasa dipakai polisi anti-teror. Seperti pendeteksi bom, pengintai teroris dengan selang kecil, cermin penelisik kolong mobil, pemindai amplop surat yang bisa tembus 6 sentimeter, rompi tahan tembakan peluru dari jarak dekat, dll, lengkap dengan harga masing-masing.

Selang Pengintai
 Alat alat canggih pendeteksi bom dan terorisDikenal sebagai FlexiScope, bentuknya mirip selang. Bisa diulur hingga 90 sentimeter, diameter lensanya 6 milimeter. Ukurannya yang mini memungkinkan alat ini disusupkan di sudut dan celah kecil. Selang pengintai ini mampu menangkap obyek dengan jelas di ruang gelap. Harga Rp 6,8 juta.

Cermin Penelisik
Di hotel atau gedung tertentu, alat pemeriksa bawah mobil adalah cermin. Kebanyakan menggunakan kaca biasa. Nah, compact vehicle search mirror ini dilengkapi senter. Area gelap di bawah mobil menjadi terang. Harga Rp 2 juta.

Pemindai Surat
Layaknya mesin fotokopi, alat ini mampu memindai berkas. Daya tembusnya hingga 6 sentimeter pada kertas terbungkus amplop. Bila bungkusan berisi bahan peledak, otomatis alarm berbunyi. Harga Rp 48,7 juta.

Kantong Pencegah Bom
Kedatangan tim penjinak bom kadang cukup lama. Sembari menunggu mereka, bom dapat ditutup atau dipindahkan ke kantong. Bomb inhibitor ini mampu menghalangi kerusakan akibat ledakan hingga 90 persen. Harga Rp 22,6 juta.

Pendeteksi Bom Portabel
Alat ini memakai sensor nirkabel yang mengeluarkan suara atau lampu menyala jika seseorang membawa bahan peledak. Pendeteksi berukuran mini karya mahasiswa Universitas Michigan, America Serikat, ini dapat diletakkan di bawah meja atau pot bunga.

Rompi Anti-peluru
Ada beberapa produsen pakaian tahan pelor. Di antaranya Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pertahanan, yang bekerja sama dengan Balai Besar Keramik Bandung dan CV Fajar Indah membuat rompi tahan peluru level IV dan level IIIA.

Rompi level IV tahan peluru dari senjata SS-V1 dan M16 dari jarak 25 meter. Sedang level IIIA kedap dari peluru pistol FN pada jarak 5 meter dan 6 meter. Harga level IV Rp 1,6 juta dan level IIIA Rp 3,5 juta.

Mobil Casspir
Kendaraan lapis baja ini dapat menahan ranjau. Bagian samping Casspir dirancang mampu menahan ledakan bom setara dengan 14 kilogram TNT. Dan bagian bawah mampu menahan bom seberat 21 kilogram.

Casspir juga dapat meredam hantaman peluru kaliber 5,56 milimeter dan 7,62 milimeter. Kabinnya berdaya muat 12 personel bersenjata lengkap. Untuk mempermudah mobilitas, pintu dioperasikan dengan tenaga angin.

Ada yang tertarik mau beli? Jangan lewatkan yang satu ini, lihat video aksi Ular Korozzz, robot mata-mata militer Israel. [Sumber: Tempo Interaktif]

  • Mungkin anda yang memakai email Yahoo tidak bisa melihat foto/gambar ilustrasi dalam artikel-artikel Blog Berita ini. Untuk menampilkan foto, lihat di bagian atas email Yahoo, klik tulisan SHOW IMAGES.
  • Artikel ini boleh dikutip dengan menyebutkan sumbernya www.blogberita.net dan membuat tautan-balik. Untuk BERKOMENTAR soal topik tulisan, KLIK JUDUL ARTIKEL.
  • Kuucapkan terima kasih buat anda yang setia membaca artikel Blog Berita via email. Sampai Juni 2009 pelanggan Blog Berita sudah mencapai 2.500 orang. Beritahukan kepada teman anda untuk berlangganan Blog Berita secara gratis. Salam, Jarar Siahaan -- www.blogberita.net

Alat-alat canggih pendeteksi bom dan teroris

tafbutton blue16 Alat alat canggih pendeteksi bom dan teroris

Benarkah Mindo Siagian didukung TB Silalahi jadi calon bupati?

Posted: 19 Aug 2009 03:25 AM PDT


Siang tadi Blog Berita melakukan wawancara khusus dengan Wakil Bupati Toba Samosir, Mindo Tua Siagian, untuk mempertanyakan beberapa hal menyangkut pemilihan kepala daerah [pilkada] Tobasa yang akan dimulai bulan-bulan awal 2010.

Ir. Mindo Tua Siagian, MSc

Ir. Mindo Tua Siagian, MSc

Mindo Siagian yang juga Ketua Partai Demokrat Toba Samosir kali ini agak pelit menjawab pertanyaan. Biasanya dia selalu terbuka dan berbicara gamblang bila ditanyai. Beberapa pertanyaan Blog Berita dijawabnya, meskipun dengan relatif singkat, dan sejumlah pertanyaan lain tidak dijawab sama sekali.

Blog Berita: Saat ini di tengah masyarakat ada pembicaraan soal nama-nama tokoh yang akan maju sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Toba Samosir dalam pilkada tahun 2010, dan nama Pak Mindo adalah salah satu yang muncul.

Mindo Tua Siagian: Iya, saya baca itu, saya baca di koran dan juga di Blog Berita.

Blog Berita: Tahun lalu Pak Mindo pernah mengatakan akan maju sebagai kandidat bupati bila rakyat menginginkan [artikel selengkapnya baca di sini]. Kesan kalimat itu masih kurang tegas. Apakah sekarang Pak Mindo sudah bisa memastikan akan mengikuti pilkada Tobasa 2010?

Mindo Tua Siagian: Benar, saya sudah siap, saya pasti akan maju.

Blog Berita: Siapa pasangan Pak Mindo? Apakah sudah ada atau masih mencari-cari yang cocok?

Mindo Tua Siagian: Ada. Sudah ada.

Blog Berita: Siapa namanya?

Mindo Tua Siagian: Belum bisa saya sebutkan. Tapi sudah ada.

Blog Berita: Apakah benar pasangan Pak Mindo sebagai wakil bupati adalah dokter Herty Silalahi, putri Pak TB Silalahi?

Mindo Tua Siagian: Yang jelas sudah ada [Mindo tersenyum].

Blog Berita: Ada informasi bahwa TB Silalahi mendukung Pak Mindo untuk maju sebagai calon Bupati Toba Samosir dalam pilkada 2010, benarkah begitu?

Mindo Tua Siagian: Oh, ya? Pak Siahaan dengar kabar dari mana itu?

Blog Berita: Ada sumber. Benarkah didukung Pak TB?

Mindo Tua Siagian: [Tidak dijawab, Mindo hanya tersenyum].

Blog Berita: Kalau benar Pak Monang Sitorus, bupati saat ini, juga maju pada pemilihan bupati 2010, apakah Pak Mindo tidak gentar secara kekuatan politik?

Mindo Tua Siagian: Ah, biasa saja….

Blog Berita: Apakah dari sekian nama kandidat yang beredar, Monang Sitorus termasuk lawan paling berat?

Mindo Tua Siagian: Lawan paling berat? HA-HA-HA…, tidaklah, biasa saja. Saya kira masyarakat Toba Samosir sudah makin cerdas, mereka tahu siapa orang yang layak jadi pemimpin.

Blog Berita: Maksud Pak Mindo?

Mindo Tua Siagian: Cobalah wawancarai warga masyarakat.

Seperti diberitakan Blog Berita beberapa waktu lalu, di tengah masyarakat Toba Samosir telah beredar sejumlah nama tokoh yang disebut-sebut akan mengikuti pemilihan Bupati/Wakil Bupati Tobasa periode 2010-2015. Antara lain Monang Sitorus [Bupati Toba Samosir saat ini] yang konon akan berpasangan dengan Mangatas Silaen [Ketua DPRD Tobasa], Liberty Pasaribu [Sekdakab Tobasa] dengan Kasmin Simanjuntak [caleg terpilih DPRD Tobasa], dan sejumlah nama lainnya termasuk Mindo Tua Siagian. Baca selengkapnya dalam artikel Nama calon Bupati/Wakil Bupati Toba Samosir 2010. [www.blogberita.net]

  • Mungkin anda yang memakai email Yahoo tidak bisa melihat foto/gambar ilustrasi dalam artikel-artikel Blog Berita ini. Untuk menampilkan foto, lihat di bagian atas email Yahoo, klik tulisan SHOW IMAGES.
  • Artikel ini boleh dikutip dengan menyebutkan sumbernya www.blogberita.net dan membuat tautan-balik. Untuk BERKOMENTAR soal topik tulisan, KLIK JUDUL ARTIKEL.
  • Kuucapkan terima kasih buat anda yang setia membaca artikel Blog Berita via email. Sampai Juni 2009 pelanggan Blog Berita sudah mencapai 2.500 orang. Beritahukan kepada teman anda untuk berlangganan Blog Berita secara gratis. Salam, Jarar Siahaan -- www.blogberita.net

Benarkah Mindo Siagian didukung TB Silalahi jadi calon bupati?

tafbutton blue16 Benarkah Mindo Siagian didukung TB Silalahi jadi calon bupati?

Tidak ada komentar:

Ada kesalahan di dalam gadget ini