mau uang gratis?.... tiap usaha klik jari anda?

cari uang gratis..... tanpa terlalu susah?

Sabtu, 04 Juli 2009

Blog Berita >> blogberita.net

Blog Berita >> blogberita.net


Ternyata Nommensen justru minta penjajah Belanda segera taklukkan Silindung

Posted: 03 Jul 2009 04:36 PM PDT


nommensen gambar pendeta pertama tanah batak 146x150 Ternyata Nommensen justru minta penjajah Belanda segera taklukkan SilindungDalam buku laporan tahunan Zending RMG pada 1907 disebutkan, di awal 1878 Nommensen berulang kali meminta pemerintah kolonial Belanda agar selekasnya menaklukkan Silindung menjadi bagian dari wilayah Hindia Belanda.

Dosen Universitas Hawaii Manoa USA, Prof Uli Kozok, yang sudah lama dikenal sebagai peneliti isu-isu kebatakan, mengungkapkan hasil penelitian sejarah bahwa ternyata Nommensen — pembawa agama Kristen Protestan ke wilayah Tanah Batak — memiliki peran dalam penaklukan Tanah Batak menjadi wilayah yang dikuasai pemerintah kolonial Belanda.

Hal ini dikatakan Prof Uli Kozok sepekan lalu di Medan seperti dikutip Blog Berita dari kantor berita Antara. Pemerintah Belanda akhirnya mengabulkan permintaan Nommensen sehingga terbentuk koalisi Zending. Pemerintah kolonial Belanda sangat sukses, karena kedua belah pihak memiliki musuh yang sama yakni Raja Singamangaraja XII yang dicap sebagai "musuh bebuyutan" pemerintah Belanda dan zending Kristen.

Bersama-sama mereka berangkat untuk mematahkan perjuangan Si Singamangaraja. Kolonial Belanda dibekali persenjataan, organisasi dan ilmu pengetahuan peperangan modern, sementara pihak zending dibekali pengetahuan adat-istiadat dan bahasa Batak Toba.

Berkat pengetahuan bahasa dan budaya, pihak Zending sangat sukses meyakinkan ratusan raja di Tanah Batak agar menyerah.

Perang Batak atau dikenal dengan perang Singamangaraja XII berakhir pada tahun 1907 dengan tewasnya tokoh spiritual itu dan untuk selanjutnya penjajahan di tanah Batak dimulai oleh pemerintah kolonial Belanda, jelas Prof Uli Kozok.

Sementara menurut sejarawan Universitas Negeri Medan, DR Phil Ichwan Azhari, ada pihak yang melihat kontroversi dalam Perang Toba I yang terjadi tahun 1878, yaitu adanya peran para penginjil dalam menaklukkan Tanah Batak dan hubungan Singamangaraja XII dengan zending.

Hubungan Raja Sisingamangaraja XII dengan zending menjadi persoalan peka karena sebagian besar orang Batak memeluk agama Kristen dan menganggap LI Nommensen sebagai apostel atau rasul orang Batak, sedangkan Singamangaraja XII diangkat sebagai Pahlawan Nasional oleh pemerintah pada 9 November 1961.

"Yang menjadi pertanyaan adalah, bagaimana kalau kedua pahlawan yang dua-duanya dianggap sakral oleh orang Batak itu ternyata saling bermusuhan," katanya.

Selanjutnya pada tahun 1982 DR WB Sidjabat menulis buku berjudul "Ahu Sisingamangaraja: Arti Historis, Politis, Ekonomis dan Religius" di mana Sisingamangaraja XII berusaha keras meluruskan dilema itu dengan "mendamaikan" kedua tokoh sakral tersebut.

Dengan sangat jelas ia memperlihatkan sikap pro zending, pro Singamangaraja dan anti Belanda, jelasnya. Dalam bukunya itu Sidjabat menggambarkan Belanda sebagai orang yang cerdik, memiliki tangan kotor hendak memanfaatkan Nommensen menggunakan tindakan keganasan, mengadakan kegiatan ganas yang tujuannya didorong oleh keserakahan ekonomi dan militer.

Terhadap peran Nommensen dan penginjil RMG lainnya, Sidjabat menyebut kehadiran Nommensen bukan dalam rangka penjajahan namun melakukan berbagai usaha untuk mengelakkan pertumpahan darah. "Dalam bukunya itu berulang kali disebutkan bahwa Nommensen bersedia menempuh jalan damai dan sangat tidak menyetujui tindakan kekerasan yang digunakan Belanda serta merasa sangat sedih melihat kampung-kampung Batak dibakar Belanda.”

Blog Berita Dot Net: Kehadiran Nommensen memperkenalkan ajaran Kristen Protestan kepada orang Batak kemudian menjadi cikal-bakal lahirnya HKBP [Huria Kristen Batak Protestan] yang kini dikenal sebagai gereja terbesar di Asia Pasifik.

Baca artikel pengikut ajaran Sisingamangaraja terpaksa pilih Islam atau Kristen.

Cari dengan Google - Ketik kata kunci dalam kotak

  • Mungkin anda yang memakai email Yahoo tidak bisa melihat foto/gambar ilustrasi dalam artikel-artikel Blog Berita ini. Untuk menampilkan foto, lihat di bagian atas email Yahoo, klik tulisan SHOW IMAGES.
  • Artikel ini boleh dikutip dengan menyebutkan sumbernya www.blogberita.net dan membuat tautan-balik. Untuk BERKOMENTAR soal topik tulisan, KLIK JUDUL ARTIKEL.
  • Kuucapkan terima kasih buat anda yang setia membaca artikel Blog Berita via email. Sampai Juni 2009 pelanggan Blog Berita sudah mencapai 2.500 orang. Beritahukan kepada teman anda untuk berlangganan Blog Berita secara gratis. Salam, Jarar Siahaan -- www.blogberita.net

Ternyata Nommensen justru minta penjajah Belanda segera taklukkan Silindung

tafbutton blue16 Ternyata Nommensen justru minta penjajah Belanda segera taklukkan Silindung

Nama 25 anggota DPRD Tobasa yang baru

Posted: 03 Jul 2009 04:59 AM PDT


Parpolnya Raja DL Sitorus, Partai Peduli Rakyat Nasional [PPRN], meraih kursi terbanyak di DPRD Kabupaten Tobasa. Seorang kades bergelar professor terpilih jadi Dewan. Parmalim pertama sebagai anggota DPRD Tobasa. Sabam Simanjuntak yang sudah empat periode sebagai anggota legislatif terpilih kembali.

Pemilu legislatif tahun ini untuk DPRD Kabupaten Toba Samosir dimenangkan oleh PPRN sebagai peraih kursi terbanyak, yaitu empat kursi. Disusul PDI Perjuangan dan Partai Demokrat masing-masing tiga kursi. Sebagian besar caleg terpilih DPRD Tobasa adalah wajah baru yang belum pernah duduk sebagai wakil rakyat.

Ketua Komisi Pemilihan Umum [KPU] Daerah Kabupaten Tobasa, Lampita Morina Siregar, menjawab pertanyaan Blog Berita siang tadi mengatakan, pengumuman caleg terpilih baru hari ini bisa dilakukan karena KPUD menunggu hasil keputusan Mahkamah Konstitusi atas gugatan dua parpol dari Tobasa. Dua partai, PKB dan PPD, mengajukan gugatan karena menilai suara mereka hilang atau kurang dari jumlah yang seharusnya menurut versi partai ini.

“Namun MK sudah memutuskan, kedua gugatan mereka ditolak karena tidak terbukti,” kata Lampita Siregar. KPUD Tobasa mengumumkan nama caleg terpilih di hadapan pengurus partai politik dan Ketua Panwas Pemilu Tobasa, Partogi Siahaan.

7 Orang caleg terpilih DPRD Tobasa masih aktif sebagai legislator

Dari 25 orang caleg DPRD Kabupaten Toba Samosir yang terpilih lewat Pemilu tahun 2009 ini terdapat tujuh orang wajah lama atau mereka yang masih aktif sebagai anggota Dewan Tobasa. Ketujuh anggota DPRD yang terpilih kembali itu ialah:

  1. Dua Robet Hutajulu — Partai Merdeka
  2. Sabam Simanjuntak — Partai PIB, dia terpilih untuk kelima kali sebagai anggota DPRD, sejak dari DPRD Kabupaten Tapanuli Utara hingga terbentuknya Kabupaten Tobasa.
  3. Mangapul Siahaan — Partai Pelopor
  4. Mangatas Silaen — PDIP, masih bertugas sebagai Ketua DPRD Tobasa menggantikan Tumpal Sitorus yang telah dilengserkan PDIP.
  5. Boike Pasaribu — Partai Demokrat
  6. Herbert Sibuea — Partai Golkar
  7. Togar Manurung — Partai Buruh, dia pernah bakal calon Wakil Bupati Tobasa empat tahun lalu yang berusaha menjegal calon bupati dari PDIP, Monang Sitorus [kini Bupati Tobasa].

Kepala desa bergelar professor terpilih jadi anggota DPRD Toba Samosir

Sementara 18 orang wajah baru yang terpilih adalah:

  1. Jujung Napitupulu dari PPI
  2. Franjos Sitorus dari PPRN
  3. Siti Nurya Tampubolon dari PKPI
  4. Maris Napitupulu dari Partai Kedaulatan
  5. Djodjor Tambunan dari PDIP — dia juga adalah Ketua PDIP Tobasa, isteri OF Pardede yang kini masih duduk sebagai anggota DPRD Tobasa.
  6. Tonny Sakkan Siahaan dari Partai Demokrat
  7. Aston Sitorus dari PPRN
  8. Robinson Sibarani dari Partai Republikan
  9. Pandapotan Kasmin Simanjuntak dari Partai Pelopor — selama ini sering ditulis di koran dengan gelar professor, [sebelumnya] kepala desa di Kecamatan Silaen, punya perusahaan di luar Sumatera.
  10. Dapot Hamonangan Lubis dari Partai Golkar
  11. Pdt. Gumontang Pasaribu dari Partai Hanura
  12. Sahat Panjaitan dari PPRN
  13. Syamsudin Manurung dari Partai Hanura
  14. Roy Robinhot Sirait dari PPRN
  15. Viktor Silalahi dari PDIP
  16. Monang Naipospos dari PKPI — dia pemuka agama Parmalim, dan merupakan anggota DPRD Tobasa yang pertama dari agama Parmalim.
  17. Jojor Marintan Napitupulu dari Partai Kedaulatan — dia juga Ketua Kedaulatan Tobasa, isteri Tumpal Sitorus yang telah dilengserkan PDIP dari kursi DPRD Tobasa.
  18. Rahmat Kurniawan Manullang dari Partai Demokrat.

Menurut Ketua KPUD Tobasa, Lampita Siregar, Pemilu legislatif tahun ini di Tobasa dinilai cukup berhasil. Di tiga daerah pemilihan, rata-rata suara sah mencapai 95 persen dari total suara. Artinya hanya sedikit warga Tobasa yang tidak paham cara memberikan suara dengan sekali tanda contreng. Angka golput atau jumlah warga yang tidak menggunakan hak pilihnya juga kecil.

Caleg peraih suara terbanyak di tiga daerah pemilihan Kabupaten Toba Samosir

  • Dapem 1: Jujung Napitupulu, 1.371 suara
  • Dapem 2: Mangatas Silaen, 1.931 suara
  • Dapem 3: Sahat Panjaitan, 1.683

Secara terpisah Ketua Partai Kedaulatan Tobasa, Jojor Marintan Napitupulu, kepada Blog Berita berpendapat, dia menilai KPUD telah melakukan tugasnya dengan baik. “Saya dengar juga informasi, ada oknum parpol yang berupaya menyuap KPU supaya suara mereka ditambah, bahkan sampai didatangi ke rumahnya, tapi KPU dengan tegas menolak,” kata Jojor Napitupulu.

Ke-25 caleg terpilih DPRD Toba Samosir menurut KPUD Tobasa akan dilantik Desember 2009. [www.blogberita.net]

  • Mungkin anda yang memakai email Yahoo tidak bisa melihat foto/gambar ilustrasi dalam artikel-artikel Blog Berita ini. Untuk menampilkan foto, lihat di bagian atas email Yahoo, klik tulisan SHOW IMAGES.
  • Artikel ini boleh dikutip dengan menyebutkan sumbernya www.blogberita.net dan membuat tautan-balik. Untuk BERKOMENTAR soal topik tulisan, KLIK JUDUL ARTIKEL.
  • Kuucapkan terima kasih buat anda yang setia membaca artikel Blog Berita via email. Sampai Juni 2009 pelanggan Blog Berita sudah mencapai 2.500 orang. Beritahukan kepada teman anda untuk berlangganan Blog Berita secara gratis. Salam, Jarar Siahaan -- www.blogberita.net

Nama 25 anggota DPRD Tobasa yang baru

tafbutton blue16 Nama 25 anggota DPRD Tobasa yang baru

Pengadilan sahkan pernikahan sesama jenis

Posted: 03 Jul 2009 01:27 AM PDT


ciuman bibir

Foto bisa diklik

Pengadilan memutuskan bahwa sesama jenis, lesbian dan gay, bisa melakukan aktivitas ngeseks bahkan menikah secara resmi. Para gay dan lesbian pun senang atas putusan pengadilan ini.

BBC melaporkan berita unik ini dari India. Pengadilan di Delhi baru saja memutuskan bahwa hubungan seks sesama jenis antara orang dewasa bukanlah tindak pidana. Selama ini undang-undang kolonial yang telah berusia 148 tahun melarang sesama jenis ngeseks karena dianggap “bertentangan dengan hukum alam”. Melakukan hubungan seks sesama jenis bisa dikenai hukuman penjara sepuluh tahun. Banyak orang di India menganggap hubungan seks sesama jenis tidak sah.

Melarang ngeseks sesama jenis adalah pelanggaran HAM

Sejak lama kelompok-kelompok hak asasi manusia menegaskan bahwa undang-undang yang ada telah melanggar HAM. Pengadilan Tinggi di Delhi memutuskan bahwa UU yang melarang hubungan sesama jenis diskriminatif dan “melanggar hak asasi manusia”.

Pengadilan mengatakan bagian UU yang melarang hubungan sesama jenis adalah anti-tesis dari hak perlakukan yang sama, yang harusnya diterima semua orang. Keputusan ini menjadi tonggak sejarah di India di mana mereka yang melakukan hubungan sesama jenis mengalami perlakukan yang diskriminatif.

Wartawan BBC di India mengatakan sebagian besar masyarakat India adalah konservatif dan pembicaraan tentang seks dianggap tabu. Para aktivis gay di India menyambut baik keputusan ini dan menyebutnya sebagai keputusan yang bersejarah.

Pada 2004 pemerintah India menentang petisi yang meminta agar hubungan sesama jenis dilegalkan. Mereka yang mendukung petisi ini adalah badan pemerintah yang mengontrol HIV/AIDS dan para aktivis gay.

Blog Berita Dot Net: Di Inggris sudah lebih dulu pasangan sesama jenis boleh ngeseks dan menikah. Contohnya penyanyi top Elton John yang mengakui dulu keperjakaannya “diambil” cowok.

  • Mungkin anda yang memakai email Yahoo tidak bisa melihat foto/gambar ilustrasi dalam artikel-artikel Blog Berita ini. Untuk menampilkan foto, lihat di bagian atas email Yahoo, klik tulisan SHOW IMAGES.
  • Artikel ini boleh dikutip dengan menyebutkan sumbernya www.blogberita.net dan membuat tautan-balik. Untuk BERKOMENTAR soal topik tulisan, KLIK JUDUL ARTIKEL.
  • Kuucapkan terima kasih buat anda yang setia membaca artikel Blog Berita via email. Sampai Juni 2009 pelanggan Blog Berita sudah mencapai 2.500 orang. Beritahukan kepada teman anda untuk berlangganan Blog Berita secara gratis. Salam, Jarar Siahaan -- www.blogberita.net

Pengadilan sahkan pernikahan sesama jenis

tafbutton blue16 Pengadilan sahkan pernikahan sesama jenis

Tidak ada komentar:

Ada kesalahan di dalam gadget ini